TEKS BERJALAN

WELCOME ON MY BLOG, SELAMAT DATANG PARA PENGUNJUNG, SELAMAT MENIKMATI SAJIAN ISTIMEWA KAMI, SEMOGA PUAS

Digby Mercher

Digby Mercher
The Principal of COMO SHS Perth

19 Agustus 2011

Pelajaran Kimia Kelas XI-IA

BENTUK MOLEKUL

Oleh Diwarman, S.Pd, M.Si

Materi Bentuk Molekul dipelajari di kelas XI IA. Bentuk Molekul sulit dipelajari kalau hanya dengan penjelasan guru saja. Penjelasan guru tidak mampu menjelaskan dengan tepat karena bentuk molekul itu abstrak. Salah satu cara yang dilakukan oleh siswa kelas XI IA SMAN 2 Batusangkar adalah membuat model molekul dengan ballon. Mereka bekerja dengan asyik meskipun sekarang bulan puasa. Mereka tidak merasa lelah untuk membuat beberapa model molekul yang diminta oleh guru kimianya.

Bentuk molekul dapat ditentukan dengan dua cara. Pertama dengan domain elektron atau VSEPR dan kedua adalah dengan Hibridisasi. VSEPR adalah singkatan dari Valence Share Electron Pair Repulsion, yaitu molekul terbentuk karena adanya gaya tolakan dari pasangan elektron baik terikat maupun bebas. Sedangkan Hibridisasi adalah pembentukan molekul karena adalah elektron tereksitasi menjadi orbital dengan tingkat energi yang sama.

Setelah mereka dapat meramalkan bentuk molekul dengan domain elektron, mereka diminta membuat model molekul dengan ballon dan setelah itu mereka mencoba menggambar bentuk geometri dari molekul yang dibuat. Misalnya bentuk molekul BeF2 adalah LINIER karena sama kuatnya gaya tolak antara dua pasang elektron terikat. Selain bentuk linear, bentuk molekul lainnya adalah SEGI TIGA PELANAR untuk BF3, TETRA HENDRON untuk CCl4, TRIGONAL BIRAMIDAL untuk PCl5, dan OKTAHEDRAL untuk SF6.

Berikut ini adalah kegiatan siswa kelas XI IA SMAN 2 Batusangkar pada tanggal 12 Agustus 2011 di Labor Science :

Linear









Bentuk Linear Segitiga Datar